Gubernur H Nurdin Basirun yakin infrastruktur-infrastruktur yang dibangun di sejumlah daerah menjadi daya tarik tersendiri untuk masuknya investasi. Karena itu, sangat penting untuk terus tersedianya akses jalan, pelabuhan udara dan laut.

"Kita harus pancing dengan ketersediaan infrastruktur yang baik, mereka melihat ini untuk berinvestasi," kata Gubernur Nurdin saat melakukan peninjauan ke sejumlah pembangunan infrastruktur di Karimun, awal pekan ini.

 

Nurdin kembali melakukan peninjauan di pelabuhan bongkar muat barang di Paritrampak, Karimun, Senin (13/2) pagi. Dia melihat kondisi pelabuhan yang mulai tak memadai lagi.

"Untuk Karimun, tidak pas lagi pelabuhan ini," kata Nurdin.

Nurdin ingin membuat pelabuhan bongkar muat yang lebih bisa menampung kapasitas besar di Karimun. Perkembangan investasi juga sangat tergantung dengan keberadaan pelabuhan seperti ini. Investasi-investasi shipyard, kata Nurdin juga semakin melirik kawasan ini. Ini yang harus didorong dengan pembangunan sejumlah infrastruktur oleh pemerintah.

Nurdin pun mengatakan, di berbagai daerah yang berpotensi sebagai daerah investasi, memang ada baiknya akses jalan terus dibangun. Biar calon investor melihat kemudahan akses jika mereka berinvestasi. Malah, kata Gubernur, kawan baru yang dibuka dengan akses jalan, juga membantu sebaran pembangunan oleh pihak swasta.

"Pengusaha matanya jeli, dia tahu ada pertumbuhan, makanya melakukan pembangunan," kata Nurdin.

Nurdin juga menyampaikan pentingnya respon masyarakat terhadap upaya pemerintah menarik investasi. Termasuk menarik minat wisatawan. Warga diharap ikut menjaga dan menaya kawasan sekitarannya.

"Jangan memperbaiki sampan di atas jalan. Lakukanlah pada tempatnya," kata Nurdin saat berkeliling Karimun dan melihat ada beberapa sampan yang "terdampar" di sekitar jalan ring road coastal area.

Di seputaran kawasan Coastal Area, menurut Nurdin juga perlu ditinggikan pembatas antara bibir pantai dan jalan. Sebab, dalam kondisi sekarang, ketika pasang tinggi dan angin kuat, hempasan gelombangnya langsung bisa menghantam jalan dan membawa sampah ke jalanan tersebut.

"Bisa cepat rusak membuat jalan jadi tidak bersih," katanya.

Dalam peninjauan itu, Nurdin juga ingin pengembangan parkir di kawasan Pelabuhan KPK di Jalan Nusantara Tanjungbalai diperluas parkirnya. Apalagi Nurdin melihat ada sedikit kawasan di atas laut yang bisa jadikan lahan parkir.(Humas)

PPID

Pedoman Pelayanan Informasi & Dokumentasi

JDIH

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum

TRANSPARANSI

Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah

    BUKU TAMU

  LINK KABUPATEN KOTA

    PENGUNJUNG 

2264097
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Seluruhnya
1596
1861
2644
19759
53607
106776
2264097

14.39%
17.16%
12.39%
2.92%
0.77%
52.36%

IP Anda : 54.144.194.161