TUTUP

Selamat Datang di Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau || Tanggal : 22-May-2019 | Pukul : 04:22:09 , Selamat Malam

×

Logo Jembatan Dompak Kepri Secara Keseluruhan Menjadi Simbol Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau Yang Selalu Ingin Terhubung Dengan Masyarakatnya, Selalu Terbuka dan Selalu Mempersembahkan Yang Terbaik Bagi Siapapun Yang Menemuinya. "757 Disingkat Jadi Ju Ma Ju yang Didefinisikan dengan maju-maju. Kepri Maju".

Cetak

Kepriprov.go.id

Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau
TUTUP

Jamaah Haji Batam Kloter Terakhir Tiba

Penulis SN - 26 September 2018
178
Foto Oleh : Diskominfo Kepri

BATAM - Kelompok terbang terakhir jamaah haji untuk debarkasi Hang Nadim, Batam tiba di Tanah Air, Selasa (25/9) malam, dan langsung kembali ke kediaman masing-masing. Jamaah haji tersebut merupakan kloter terakhir pada penyelenggaraah ibadah haji tahun ini. Dari total jumlah jamaah calon haji yang berangkat ke tanah suci sebanyak 11.852 kembali ke tanah air sebanyak 11.823

Kepala Sub Bidang Informasi dan Humas Panitia Pelaksana Ibadah Haji Batam, Syahbudi mengatakan dengan kedatangan kloter terakhir asal Kota Batam tersebut, maka Debarkasi Hang Nadim Batam sudah memulangkan 11.852 haji. Tahun ini, embarkasi-debarkasi Hang Nadim Batam melayani jamaah dari Riau, Kepulauan Riau, Jambi dan Kalimantan Barat. "Kloter 27 yang tiba tadi malam merupakan kloter terakhir pada penyelenggaraah ibadah haji tahun ini. Dari total jumlah jamaah calon haji yang berangkat ke tanah suci sebanyak 11.852 kembali ke tanah air sebanyak 11.823," kata Syahbudi.

Ia menjelaskan, berkurangnya jumlah jamaah yang pulang karena ada yang meninggal, dan ada pula yang masih berada di Tanah Suci untuk pengobatan. Syahbudi merinci, berdasarkan data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu, dari 5.039 orang jamaah haji Riau, yang pulang ke Tanah Air sebanyak 5.033 orang. "Wafat di tanah suci sebanyak 6 orang dan wafat di tanah air, pascahaji sebanyak 2 orang," kata dia.

Kemudian jamaah Kepri, total berangkat 1.260 orang dan pulang 1.257 orang. Siskohat mencatat 2 orang meninggal di tanah suci serta seorang masih sakit dan tinggal di Rumah Sakit Arab Saudi. Jamaah asal Provinsi Kalimantan Barat, total berangkat 2.521 orang, pulang 2.510 orang. Yang Wafat di tanah suci sebanyak 10 orang, dan seorang masih sakit dan tinggal di RSAS. Dan Provinsi Jambi, total berangkat 2.897 orang, pulang 2.888 orang. Sebanyak 7 orang jamaah wafat di tanah suci, dan seorang sakit dan tinggal di RSAS 1 orang. Sementara itu, banyak 378 orang jamah haji Kloter 27 BTH tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, menggunakan pesawat Saudia Arabian Airlines dengan nomor penerbangan SV5222.

Dalam laporannya, Ketua Kloter 27, Erman Zaruddin mengatakan jumlah jamaah saat berangkat berjumlah 380 orang. Dua orang di antaranya tanazul awal ke Kloter 08 BTH, sehingga saat kembali jamaah berjumlah 378 orang. Ia mengatakan pelaksanaan ibadah di Tanah Suci relatif berjalan lancar, tanpa kendala berarti. "Alhamdulillah koordinasi dan kerja sama kami dengan ketua regu dan ketua rombongan dalam melayani jamaah berjalan dengan baik. Sehingga pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan aman dan lancar," kata dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Penerimaan Jamaah PPIH Debarkasi Haji Batam, Erizal Abdulah mengingatkan agar jamaah terus mengecek kondisi kesehatannya. Bila dalam beberapa hari ke depan ada jamaah yang demam panas, maka diminta segera memeriksakan diri ke dokter dengan membawa kartu BPJS.

Dipublish Oleh - Diskominfo Kepri