TUTUP

Selamat Datang di Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau || Tanggal : 22-May-2019 | Pukul : 03:40:14 , Selamat Malam

×

Logo Jembatan Dompak Kepri Secara Keseluruhan Menjadi Simbol Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau Yang Selalu Ingin Terhubung Dengan Masyarakatnya, Selalu Terbuka dan Selalu Mempersembahkan Yang Terbaik Bagi Siapapun Yang Menemuinya. "757 Disingkat Jadi Ju Ma Ju yang Didefinisikan dengan maju-maju. Kepri Maju".

Cetak

Kepriprov.go.id

Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau
TUTUP

Ratusan Siswa Kabupaten Lingga Dilantik Menjadi Calon Penegak

Penulis SN - 28 September 2018
111
ilustrasi Foto Oleh : Diskominfo Kepri

LINGGA - Sebanyak 175 siswa SMA Negeri 1 Singkep, Kabupaten Lingga, dilantik sebagai calon Penegak  yang berlangsung melalui upacara tradisi ambalan. Kegiatan ekstrakurikuler ini diharapkan juga dapat menunjang bakat dan minat para siswa untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positif melalui kegiatan sekolah. "Kegiatan ini merupakan implementasi dari kurikulum 2013, dan perwujudan dari SMA Negeri 1 sebagai sekolah rujukan di Kabupaten Lingga," kata Pembina Pramuka Putra Sugeng Pujiarto, Jumat (28/9).

Dengan adanya penerimaan tamu Ambalan ini diharapkan para siswa-siswi di SMA Negeri 1 Singkep kedepannya lebih mengamalkan kode kehormatan Satya dan Dharma Pramuka sebagai perwujudkan dari kegiatan ekstrakurikuler wajib bagi sekolah. Selain itu Pramuka sebagai organisasi yang diamanahkan untuk pembinaan anggota muda, dengan dasar Undang Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka memiliki peran penting dalam dunia pendidikan di sekolah.

Hal yang sama disampaikan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Singkep Hazirun. Hazirun mengatakan dengan kegiatan pelantikan calon penegak para siswa diharapkan dapat melaksanakan berbagai kegiatan kepramukaan di SMA Negeri 1 Singkep. Selain itu kegiatan ekstrakurikuler ini diharapkan dapat menunjang bakat dan minat para siswa untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positif melalui kegiatan sekolah. "Kegiatan ekstra di SMA Negeri 1 Singkep ini sebagai wujud mengendalikan siswa untuk melakukan kegiatan yang positif ditengah pengaruh globalisasi dan perkembangan teknologi saat ini," ujarnya.

Prosesi pelantikan calon penegak tersebut dilaksanakan dengan tradisi unik selayaknya pengukuhan dewan adat yang mengangkat tema Melayu, dengan menampilkan berbagai nama-nama para pejuang mulai dari Dipenegoro dan RA Kartini yang merupakan pahlawan-pahlawan nasional. Tujuannya untuk meningkatkan semangat para siswa untuk mencontoh semangat para pejuang yang telah memperebutkan kemerdekaan.

Dalam kegiatan tersebut pihak sekolah juga mengundang beberapa pihak mulai dari perwakilan wali murid, dari pihak kepolisian Polsek Dabo dan Polres Lingga, pengurus Kwartir Ranting, pengurus Kwartir Cabang, serta beberapa tokoh masyarakat yang ada diwilayah Kecamatan Singkep. 

Diakhir kegiatan para pelajar disematkan tanda kecakapan sebagai bentuk dari keabsahan sebagai calon penegak di SMA Negeri 1 Singkep.

Dipublish Oleh - Diskominfo Kepri