Selamat Datang di Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau || Tanggal : 18-Aug-2018 | Pukul : 18:05:22 , Selamat Sore !!

×

Logo Jembatan Dompak Kepri Secara Keseluruhan Menjadi Simbol Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau Yang Selalu Ingin Terhubung Dengan Masyarakatnya, Selalu Terbuka dan Selalu Mempersembahkan Yang Terbaik Bagi Siapapun Yang Menemuinya. "757 Disingkat Jadi Ju Ma Ju yang Didefinisikan dengan maju-maju. Kepri Maju".

TUTUP
Cetak

Kepriprov.go.id

Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau

35 FORMASI CALON PRAJA IPDN KEPRI SIAP DIPEREBUTKAN

Penulis N. Saepul - 24 April 2018

Foto Oleh : N. Saepul

Kabar baik bagi peminat calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 2018. Pasca diumumkan melalui surat edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 892.1//2201/SJ dan 892.1/2202/SJ tanggal 10 April 2018, formasi calon praja IPDN tahun 2018 kini ditetapkan 2000 orang. Jumlah tersebut naik cukup signifikan dari tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 1.689 orang.

“Alhamdulillah, Pemprov Kepri mendapat 35 formasi calon Praja IPDN,” ujar Kepala BKPSDM, Drs. Firdaus, M.Si saat membuka Rapat Koordinasi pelaksanaan Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN tahun 2018, di ruang rapat BKPSDM, gedung C1 lantai 3, Jumat (20/4).

Acara yang dihadiri oleh perwakilan BKPSDM dari Kabupaten dan Kota di wilayah Provinsi Kepulauan Riau ini membahas teknis pelaksanaan Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) 2018, mulai dari proses pendaftaran, seleksi administrasi, pelaksanaan TKD, tes kesehatan, tes psikologi, sampai teknis pantukhir dan verifikasi faktual dokumen.

Dijelaskannya, ada beberapa perbedaan pelaksanaan SPCP IPDN antara tahun 2017 dengan 2018. Jika tahun 2017 pendaftaran dilakukan pada website Kemenpan RB dengan alamat di http://panselnas.id maka pada tahun ini dialihkan ke website BKN dengan alamat http://sscndikdin.bkn.go.id. Selain itu, kuota IPDN pun bertambah sebanyak 311 orang yang memungkinkan peluang peserta tes menjadi lebih besar untuk lulus.

Untuk itu, Kaban berharap peserta tes yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota bisa memaksimalkan kemampuannya untuk siap melakukan seluruh tahapan tes. Terlebih nilai ambang Tes Kemampuan Dasar (TKD) tahun ini turut berubah sesuai Permenpan RB Nomor 22 Tahun 2018.

“Tahun ini, standar nilai Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) ditentukan minimal 75, Tes Intelegensi Umum (TIU) minimal 80, dan Tes Kemampuan Pribadi (TKP) minimal 143” jelas Firdaus. “Sedikit naik dibanding tahun sebelumnya, dimana TWK minimal 70, TIU minimal 75, dan TKP minimal 126”.

Untuk itu, Kaban meminta BKPSDM Kabupaten dan Kota untuk lebih gencar melakukan sosialisasi dan melakukan pembimbingan, terutama agar masyarakat khususnya yang berada di pulau-pulau dapat menerima informasi ini. Sejauh ini, informasi SPCP itu dapat masyarakat akses melalui berbagai media seperti baliho, koran, radio, web, dan sosial media. 

Pendaftaran SCPN IPDN dijadwalkan akan berakhir pada tanggal 30 April 2018 dan pengumuman kelulusan seleksi administrasi akan dilaksanakan 4 Mei 2018. Setelahnya, berbagai tahapan akan diikuti peserta tes untuk memperebutkan 35 formasi calon praja Kepri pada SPCP tahun ini. (NS)

 

©