Selamat Datang di Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau || Tanggal : 16-Oct-2018 | Pukul : 14:56:05 , Selamat Siang !!

×

Logo Jembatan Dompak Kepri Secara Keseluruhan Menjadi Simbol Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau Yang Selalu Ingin Terhubung Dengan Masyarakatnya, Selalu Terbuka dan Selalu Mempersembahkan Yang Terbaik Bagi Siapapun Yang Menemuinya. "757 Disingkat Jadi Ju Ma Ju yang Didefinisikan dengan maju-maju. Kepri Maju".

TUTUP
Cetak

Kepriprov.go.id

Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau

Kesbangpol Kepri Gelar Pembinaan Generasi Muda di Bidang Kewaspadaan Dini diikuti Ratusan Pelajar SMA

Penulis sugiarto doso - 02 October 2018

Turut hadir dalam Kegiatan ini Kaban Kesbangpol Prov.Kepri Ir. lamidi MM,  Kepala Kantor Pertahanan Prov. kepri Brigjend TNI Andarias Pong Bija, Anggota DPRD Kepri  H. Sarafudin Aluan. SH.,MH, Kadis Pemuda dan Olahraga Prov.Kepri Maifrizon, Kabid Pendidikan Prov.Kepri Drs. Atmadinata, Jajaran Pejabat Eselon III Kesbangpol Prov.Kepri, Kepala Sekolah SMA N4 Tanjungpinang, Dr. Darsono. Foto Oleh : Sugiarto Doso

TANJUNGPINANG.  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kepulauan Riau menggelar kegiatan Pembinaan Generasi Muda Di Bidang Kewaspadaan Dini Di Provinsi Kepri dengan tema “Melalui Pembinaan Generasi Muda, Kita Ciptakan Generasi Yang Tangguh di Bidang Kewaspadaan Dini dan Politik Dalam Menghadapi Pemilihan Umum Tahun 2019” Selasa (2/10) di Aula SMA Negeri 4 Tanjungpinang.

Kegiatan ini diikuti ratusan pelajar  Siswa dan Siswi SMA Negeri 4 Tanjungpinang.

Turut hadir dalam Kegiatan ini Kaban Kesbangpol Prov.Kepri Ir. lamidi MM,  Kepala Kantor Pertahanan Prov. kepri Brigjend TNI Andarias Pong Bija, Anggota DPRD Kepri  H. Sarafudin Aluan. SH.,MH, Kadis Pemuda dan Olahraga Prov.Kepri Maifrizon, Kabid Pendidikan Prov.Kepri Drs. Atmadinata, Jajaran Pejabat Eselon III Kesbangpol Prov.Kepri, Kepala Sekolah SMA N4 Tanjungpinang, Dr. Darsono.

Hal menarik, saat pembukaan oleh 2 orang MC (Bahasa Indonesia dan Inggris) Acara di awali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Ketua Panitia Kabid Poldagri dan Wasdin  Elman Krisos dalam laporannya menyebutkan Generasi Muda adalah generasi yang diharapkan memiliki kemampuan berfikir kritis, inovatif, dan kreatif dalam menghadapi tantangan dan persoalan bangsa kedepan.

Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Tanjungpinang DR. Darsono mengucapkan terimakasih karena telah mempercayai kegiatan yang hebat ini di sekolah SMA Negeri 4. Dengan  panjang lebar Darsono mengisahkan tentang sejarah awal SMA N4, Profil Sekolah dan SMA Negeri 4 merupakan salah satu sekolah rujukan serta sudah banyak prestasi yang ditorehkan.

Sementara itu Kaban Kesbangpol Prov.Kepri Ir.  Lamidi mengungkapkan kepada siswa-siswi apabila ingin menjadi pemimpin maka harus rajin belajar, dengan belajar maka siswa-siswi akan menjadi hebat dimasa mendatang.

Mantan Sekda Bintan ini juga mengungkapkan Provinsi Kepri rentan terhadap beberapa tindak kejahatan yang terorganisir salah satunya penyalahgunaan narkoba. Dimana setiap harinya di Indonesia tidak kurang dari 30orang harus mati karena narkoba.

Semoga dengan adanya Sosialisasi ini Siswa siswi diharapkan mendapatkan pencerahan dalam menghadapi Tahun Politik berupa Pileg, Pilpres Tahun 2019 mendatang.

Usai pembukaan dilanjutkan penyerahan Plakat, cinderamata  sertifikat kepada Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Tanjungpinang.

Narasumber pertama Anggota Dprd Prov. kepri H.Sarafudin Aluan,SH,MH dalam materinya tentang Peran Pemilih Pemula Pada Pemilu Tahun 2019.

Politisi ulung yang sejak 1999 sudah menjadi Anggota DPRD menyebutkan Partisipasi pemilih pemula saat ini sekitar 40%. Dan ada yang berbeda pada Pemilu Tahun 2019, pemilu kali ini kita memilih 5 kertas suara, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, DPRD Kab/Kota, Presiden dan Wapres.

Aluan berharap Siswa siswi kami harapkan tidak apatis pada Pemilu Tahun 2019, diharapkan kepada pemilih pemula untuk tidak lupa memiliki/mengurus KTPnya.

Karakteristik pemilih pemula yaitu kritis, mandiri, mencari jati diri, memiliki rasa ingin tau yang tinggi, namun tetap menggunakan etika dan tidak menjatuhkan orang lain.

Saat ini KPU sudah menetapkan masa kampanye diminta kepada kita untuk tetap menjaga kondusifitas masing-masing. Aluan pada kesempatan tersebut memberikan doorprize kepada pelajar yang berhasil menjawab pertanyaanya, tentang 5 kertas suara pada pemilu tahun 2019 untuk memilih apa saja. Dorprize kedua dengan pertanyaan bunyi alinea pertama pembukaan uud 1945, dijawab juga dengan benar.

Selanjutnya narasumber kedua,  Brigjend TNI Andarias Pong Bija menyebutkan semua kita harus memiliki kewaspadaan sejak dini dalam hal apapun, kewaspadaan menjaga kita dari hal2 negatif yg akan muncul utk diri kita. TNI dilatih memang utk memiliki kewaspadaan yg tinggi sesuai Tugasnya,kita wajib menjaga ancaman baik dari dalam maupun luar.

Negara kita masih seperti ini dikarenakan beberapa hal yaitu adanya ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dari pihak asing.

Ancaman negara kita ada 2 yaitu militer dan non militer. Ancaman yg membahayakan negara kita saat ini adalah terkait dgn beberapa organisasi yg ingin mengganti ideologi negara kita, Proxy War merupakan ancaman serius, Brigjen Pong juga menyebutkan Kemenhan pernah mengadakan Parade cinta tanah air dan juara 1 nya dari Prov.Kepri, Pelajar Kepri punya potensi masa depan yg sangat baik.

Kegiatan ditutup oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kepri dalam sesi penutupan Ir. Lamidi menjelaskan target 70 % partisipasi tidak akan terkejar oleh KPU selaku penyelenggara pemilu, karena itu menjadi tanggungjawab Gubernur untuk ikut mensukseskan pemilu. Dalam hal ini Kesbangpol Kepri ikut juga mensukseskan pelaksanaan Pilpres, Pileg 2019, tuturnya.

Acara diakhiri dgn pembagian Sertifikat utk seluruh peserta.

Editor : Afrizal, SE

©