Selamat Datang di Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau || Tanggal : 24-Sep-2018 | Pukul : 16:25:48 , Selamat Sore !!

×

Logo Jembatan Dompak Kepri Secara Keseluruhan Menjadi Simbol Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau Yang Selalu Ingin Terhubung Dengan Masyarakatnya, Selalu Terbuka dan Selalu Mempersembahkan Yang Terbaik Bagi Siapapun Yang Menemuinya. "757 Disingkat Jadi Ju Ma Ju yang Didefinisikan dengan maju-maju. Kepri Maju".

TUTUP
Cetak

Kepriprov.go.id

Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau

SARDISON : Apel Pagi Memiliki Fungsi Silaturahmi ASN

Penulis N. Saepul - 26 April 2018

ilustrasi apel pagi Foto Oleh : N. Saepul

Pasca ditetapkan potongan 2% untuk setiap ketidakhadiran mengikuti apel pagi, tingkat kehadiran pegawai utamanya saat mengikuti apel pagi kini meningkat drastis. Keadaan ini dapat dipantau di setiap harinya, khususnya saat Senin pagi, ketika semua pegawai dari seluruh instansi wajib apel bersama di halaman kantor Gubernur Kepri.

Begitu pula yang terjadi pada Senin, (23/4). Ribuan pegawai yang terdiri dari PNS, PTT dan PHL di lingkungan Provinsi Kepri memadati halaman kantor Gubernur. Sejumlah pejabat pun turut hadir dalam barisan tersendiri mulai dari pejabat eselon 4, eselon 3, dan pejabat eselon 2.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Drs. Sardison, M.Si bertindak selaku pembina apel.

Dalam arahannya, disampaikannya bahwa tingkat kedisiplinan pegawai di Pemprov Kepri kini semakin membaik. Meski begitu, tetap harus dilakukan evaluasi mengingat apel pagi adalah salah satu kewajiban pegawai dalam rangka penegakan disiplin.

“Jangan kedepankan potongan karena tak ikut apelnya, tapi kedepankan fungsi disiplinnya,” ujar Plt. Diskominfo yang baru dilantik  20 Maret 2018 lalu ini.

Ia menjelaskan sedikitnya tiga fungsi apel pagi bagi pegawai di lingkungan Pemprov Kepri. Pertama, sebagai sarana transfer informasi. Kedua, sebagai sarana interaksi dan komunikasi, dan ketiga sebagai bentuk disiplin pegawai.

“Informasi itu harus disampaikan, ya kesempatan pada apel pagi ini lah salah satunya. Informasi jadi lebih masiv diberikan karena dapat diperoleh oleh semua pegawai. Apel juga menjadi sarana untuk kita berinteraksi. Saya yakin sekali jika apel tidak ada, maka akan sedikit sekali interaksi antara kita. Bahkan bisa jadi pegawai dinas A tidak akan tahu pegawai dinas B,” ujar Sardison menerangkan.

Untuk itu, ia meminta seluruh pegawai untuk lebih aware (sadar) akan pentingnya apel pagi. Karena selain meningkatkan disiplin pegawai, apel pagi juga mengajarkan komitmen dan pembentukan karakter pegawai. Pada kesempatan itu pula, ia menekankan agar PNS bersikap netral menjelang Pemilu Serentak yang akan berlangsung Juli mendatang.

©