TUTUP

Selamat Datang di Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau || Tanggal : 22-Mar-2019 | Pukul : 21:26:23 , Selamat Malam

×

Logo Jembatan Dompak Kepri Secara Keseluruhan Menjadi Simbol Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau Yang Selalu Ingin Terhubung Dengan Masyarakatnya, Selalu Terbuka dan Selalu Mempersembahkan Yang Terbaik Bagi Siapapun Yang Menemuinya. "757 Disingkat Jadi Ju Ma Ju yang Didefinisikan dengan maju-maju. Kepri Maju".

Cetak

Kepriprov.go.id

Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau
TUTUP

Pengoperasian Waduk Busung Bakal Atasi Kesulitan Air Di Kepri

Penulis Asiik2 - 14 March 2019
52
Ilustrasi Foto Oleh : Diskominfo Kepri

TANJUNGPINANG - Terkait dengan terjadinya kekeringan air di waduk gesek dan waduk sungai pulau di musim kemarau ini, Dinas Perumahan dan Pemukiman Provinsi Kepri mengatakan bahwa hingga kini pihaknya terus berupaya untuk mencari dan terus mengupayakan keberadaan sumber air baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Provinsi Kepri Yusrizal Mahyudin di Tanjungpinang,Rabu (13/3).

"Air merupakan kebutuhan masyarakat, untuk itu ketersedian air bersih menjadi salah satu fokus utama Pemerintah saat ini bikin itu Pemerintah daerah maupun pusat," ungkap Yusrizal.

Untuk itu, Menurut Yusrizal pihaknya bakal terus berupaya bersama PDAM untuk mencari dan menemukan sumber air baru yang dapat menjadi alternatif lain selain waduk yang telah ada sekarang.

"Kita masih menunggu kesiapan waduk kawal , namun waduk kawal saja tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya di pulau Bintan (Tanjungpinang dan Bintan)," tegas Yusrizal.

Sehingga lanjut Yusrizal, diperlukan sumber air lainnya yang besar untuk menampung air, yangmana nantinya untuk memenuhi kebutuhan air di masyarakat.

"Dari tahun 1993 hingga sekarang persoalan air di Kepri masih sama dan belum optimal. jika nanti DAM atau waduk busung selesai dan beroperasi maka barulah kebutuhan air di Kepri khususnya pulau Bintan tercukupi," tegas Yusrizal.

Namun begitu, hingga saat ini pengoperasian dan pembangunan DAM Busung ini belum dapat terlaksana dengan baik. 

"Masih banyak persoalan yang menghambat, salah satunya lahan," ujar Yusrizal.

Meskipun begitu, Yusrizal optimis akan terus berupaya mencari solusi lain untuk memenuhi kebutuhan air bersih sebagai kebutuhan dasar masyarakat khususnya di Provinsi Kepri.

Dipublish Oleh - Diskominfo Kepri