TUTUP

Selamat Datang di Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau || Tanggal : 24-Aug-2019 | Pukul : 14:12:31 , Selamat Siang !!

×

Logo Jembatan Dompak Kepri Secara Keseluruhan Menjadi Simbol Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau Yang Selalu Ingin Terhubung Dengan Masyarakatnya, Selalu Terbuka dan Selalu Mempersembahkan Yang Terbaik Bagi Siapapun Yang Menemuinya. "757 Disingkat Jadi Ju Ma Ju yang Didefinisikan dengan maju-maju. Kepri Maju".

Cetak

Kepriprov.go.id

Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau
TUTUP

Pemkot Tanjungpinang Batasi Penggunaan blanko KTP-el

Penulis asiik1 - 13 August 2019
122
Foto Oleh : Asiik3

TANJUNGPINANG - Pemerintah Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau membatasi penggunaan blanko KTP Elektronik (KTP-el), karena jumlahnya terbatas.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tanjungpinang Irianto, di Tanjungpinang, Selasa (13/8), mengatakan KTP elektronik (KTP-el) Kota Tanjungpinang saat ini hanya dipergunakan untuk warga belum pernah memiliki KTP-el.

Sementara warga yang ingin mengubah identitas kependudukan dalam KTP-el, seperti pindah alamat rumah dalam satu daerah, dari belum menikah menjadi menikah, pekerjaan dan lainnya, untuk sementara diberikan surat keterangan pengganti KTP-el.

Kebijakan itu diberlakukan untuk mengoptimalkan blanko KTP-el.

Lagi pula, kata dia KTP-el lama milik warga masih dapat dipergunakan hingga surat keterangan diganti dengan KTP-el hasil perubahan identitas kependudukan.

"Surat keterangan pengganti sementara KTP tersebut berlaku selama sebulan," katanya.

Irianto membantah Disdukcapil Tanjungpinang kehabisan blanko KTP-el, sebagaimana isu yang beredar dalam beberapa pekan terakhir. Saat ini, jumlah blanko KTP-el sebanyak 500.

Jumlah KTP yang terbatas ini yang mendorong Disdukcapil hanya melayani warga yang belum pernah memiliki KTP-el.

Berbeda dengan warga yang berasal dari daerah lainnya, yang pindah ke Tanjungpinang. Kebijakan khusus diberikan kepada mereka untuk memiliki KTP-el Tanjungpinang.

"Kami ajukan 5 ribu blanko KTP, tetapi yang baru dikirim 500. Tentu jumlah itu harus dipergunakan sebaik-baiknya," ujarnya.

Irianto mengemukakan jumlah warga usia wajib memiliki KTP-el mencapai 156 ribu orang. Sebanyak 99 persen warga sudah memiliki KTP-el.

"Kami targetkan tahun ini seluruh warga usia wajib ber-KTP, memiliki KTP," tuturnya.

Dipublish Oleh - Diskominfo Kepri