TUTUP

Selamat Datang di Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau || Tanggal : 26-May-2020 | Pukul : 18:02:44 , Selamat Sore !!

×

Logo Jembatan Dompak Kepri Secara Keseluruhan Menjadi Simbol Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau Yang Selalu Ingin Terhubung Dengan Masyarakatnya, Selalu Terbuka dan Selalu Mempersembahkan Yang Terbaik Bagi Siapapun Yang Menemuinya. "757 Disingkat Jadi Ju Ma Ju yang Didefinisikan dengan maju-maju. Kepri Maju".

Cetak

Kepriprov.go.id

Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau
TUTUP

Kadis Pendidikan Kepri Yakin, Siswa Siap Hadapi UN

Penulis Novyana Handayani - 03 January 2020
277
Pelaksanaan UNBK di SMK Negeri 1 Tanjungpinang. Kadis Pendidikan Kepri yakin, siswa siap menghadapi UN. Foto Oleh : Asiik3

TANJUNGPINANG- Kadis Pendidikan Kepri, Muhammad Dali yakin siswa sudah siap menghadapi ujian nasional (UN). Diyakini 2020 ini menjadi pelaksanaan terakhir model UN seperti saat ini. Pada 2021 mendatang, ujian akan lebih ditekankan pada penilaian kompetensi siswa.

“Mereka sudah siap untuk UN. Sesuai dengan semangat individu dan semangat masing-masing sekolah. Tapi kalau dari dinas pendidikan itu kita tidak terlalu menekankan. Karena pemerintah juga tidak mau UN itu menjadi beban  mental bagi anak, guru,” ujar Dali, Kamis (2/1).

Dali meyakini paradigm UN diantara siswa, guru, pihak sekolah dan masyarakat kini telah berubah. UN bukan suatu yang harus dicemaskan dan menjadi menakutkan. Apalagi kedepan Kementerian Pendidikan akan merubah sistem ujian akhir bagi siswa.

“Apalagi ada wacana UN mau dihapuskan 2021. UN akan dirubah model dengan metoda asesmen kompetensi. Sebenarnya sama aja, tapi yang berubah mungkin pertama nama. Kemudian kontes yang diharapkan  oleh Pak Menteri, lebih dapat terukur secara karakter,” tambah Dali.

Dari Rakor yang digelar Kementerian Pendidikan, diharapkan asasmen kompetensi, dihadapkan dapat mengukur karakter anak. “Kalau kata Pak Menteri tidak hanya sebatas, silang-silang saja. Tidak menampilkan karakter. Tapi bentuknya seperti apa, kita belum dapat,” sebut Dali.

Dipublish Oleh - Diskominfo Kepri