TUTUP

Selamat Datang di Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau || Tanggal : 01-Apr-2020 | Pukul : 23:50:16 , Selamat Malam

×

Logo Jembatan Dompak Kepri Secara Keseluruhan Menjadi Simbol Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau Yang Selalu Ingin Terhubung Dengan Masyarakatnya, Selalu Terbuka dan Selalu Mempersembahkan Yang Terbaik Bagi Siapapun Yang Menemuinya. "757 Disingkat Jadi Ju Ma Ju yang Didefinisikan dengan maju-maju. Kepri Maju".

Cetak

Kepriprov.go.id

Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau
TUTUP

Tercatat 42 Kasus Kanker di Tanjungpinang Sepanjang 2019

Penulis Asiik3 - 06 February 2020
157
Ilustrasi Foto Oleh : Asiik3

TANJUNGPINANG - Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang mencatat terdapat 42 kasus kanker ditangani sepanjang tahun 2019. 

Dari jumlah tersebut, 50 persennya merupakan kanker payudara atau sebanyak 21 kasus, kemudian kanker serviks sebanyak 6 kasus, dan kanker tyroid sebanyak 3 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam menjelaskan, data penderita kanker ini diperoleh dari bantuan rujukan bagi penyitas. 

"Hampir semua penyitas kanker menjalani pengobatan rujukan ke daerah lain," kata Rustam. 

Sebagian besar dirujuk ke Batam, Jakarta, dan beberapa kota di Pulau Sumatera. 

Rustam mengungkapkan, umumnya kasus penderita kanker yang ditemukan sudah pada kondisi stadium lanjut. Dia menyesalkan hal itu mengingat kanker servis dan kanker payudara yang sebetulnya bisa didetekai secara diri dan bisa dicegah. 

Rustam mengimbau kepada masyarakat, khususnya kaum perempuan untuk melakukan pemeriksaan payudara secara klinis dan inspeksi visual asam asetat. 

"Tidak cuma di rumah sakit, di Puskesmas juga bisa dilakukan," imbuhnya. 

Di sisi lain, Rustam menyebut jika saat ini terdapat peningkatan kesadaran masyarakat yang melakukan upaya pencegahan kanker melalui deteksi dini. 

Dipublish Oleh - diskominfo