Selamat Datang di Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau || Tanggal : 15-Oct-2018 | Pukul : 04:18:53 , Selamat Malam

×

Logo Jembatan Dompak Kepri Secara Keseluruhan Menjadi Simbol Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau Yang Selalu Ingin Terhubung Dengan Masyarakatnya, Selalu Terbuka dan Selalu Mempersembahkan Yang Terbaik Bagi Siapapun Yang Menemuinya. "757 Disingkat Jadi Ju Ma Ju yang Didefinisikan dengan maju-maju. Kepri Maju".

TUTUP
Cetak

Kepriprov.go.id

Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau

Pertama di Indonesia, Pelabuhan SBP Tanjungpinang Terapkan Transaksi Pass E-Money

Penulis asikk1 - 10 June 2018

Loket pass e-money di Pelabuhan Sri Bintan Pura Foto Oleh : Asiik3

TANJUNGPINANG - Upaya PT Pelindo I menjadikan Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang sebagai smart terminal mulai diterapkan. Sejak Jumat (8/6), PT Pelindo I mulai memberlakukan transaksi elektronik (e-money) untuk pas masuk pelabuhan. Sistem yang disebut sebagai satu-satunya dan perdana diterapkan di pelabuhan di seluruh Indonesia.

Pemberlakuan transaksi non tunai sebesar Rp5 ribu bagi penumpang, pengantar maupun penjemput di Pelabuhan Domestik SBP disebut untuk meningkatkan pelayanan manajemen pelabuhan terhadap masyarakat yang menggunakan jasa angkutan laut. Ini juga dikatakan sebagai langkah transparansi dan efektif dan efisien.

General Manager (GM) Pelindo I Cabang Tanjungpinang, I Wayan Wirawan mengatakan, pemberlakuan e-money mulai disosialisasikan satu bulan kedepan. Proses pembayaran diterapkan dua sistem, yakni transaksi secara langsung (tunai) dan non tunai melalui kartu perbankan.

Pihaknya telah bekerja sama dengan empat bank yakni Bank BNI, Mandiri, BRI dan BCA untuk melayani para penguna jasa laut di SBP.

"Untuk pelabuhan laut di SBP ini menggunakan E-Money atau transaksi non tunai. Baru di Kota Tanjungpinang menggunakan transaksi ini secara nasional," ucap Wayan kepada sejumlah media usai Launching Go Live e-pass di Pelabuhan SBP.

"Kita kasih batas waktu sampai 15 Juli. Selanjutnya kita akan laksanakan semua pass pelabuhan menggunakan non tunai. Diwajibkan semuanya," sambungnya.

Setelah selesai menerapkan e-money kata Wayan, kedepanya Pelindo I akan menerapkan e-parking, e-ticket dan distribusi pembayaran elektronik lainnya.

"Kedepan, di periode tertentu, kita akan menjadi full smart terminal," harapnya.

Wayan menyebut Bank Indonesia dan khususnya Pemerintah Kota Tanjungpinang selama ini intens bekoordinasi bersama kita melakukan upaya-upaya agar program ini dapat terlaksana.

Kepala BI Perwakilan Kepri, Gusti Raizal Eka Putra menambahkan, dengan penggunaan uang non tunai ini tentu kedepanya, lebih efisien transaksi-transaksi yang dilakukan.

Kemudian akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tanjungpinang perhari secara langsung di saldo bank-bank yang sudah ditetapkan Bank Indonesia.

"Setiap orang yang masuk pelabuhan langsung masuk ke rekening bank dan besok sudah ketahuan. Jadi kalau Pak Wali ingin melihat jumlah hari ini dari pelabuhan sudah kelihatan tinggal memencet bank aja gitu," jelasnya.

Gusti menambahkan, program yang mulai diterapkan di pelabuhan SBP ini, semoga manajemen pelabuhan di wilayah Kepulauan Riau akan melaksanakan hal yang sama nanti.

"Mudah-mudahan ini menjadi pemicu bagi pelabuhan-pelabuhan lain, terutama yang di Batam dan lainya di kepri untuk merealisasikan program e-pass ini," imbuhnya.

©