TUTUP

Selamat Datang di Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau || Tanggal : 24-Sep-2020 | Pukul : 15:59:14 , Selamat Sore !!

×

Logo Jembatan Dompak Kepri Secara Keseluruhan Menjadi Simbol Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau Yang Selalu Ingin Terhubung Dengan Masyarakatnya, Selalu Terbuka dan Selalu Mempersembahkan Yang Terbaik Bagi Siapapun Yang Menemuinya. "757 Disingkat Jadi Ju Ma Ju yang Didefinisikan dengan maju-maju. Kepri Maju".

Cetak

Kepriprov.go.id

Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau
TUTUP

Pemkab Bintan Fokus Pulihkan Ekonomi Akibat Pandemi COVID-19

Penulis asiik1 - 14 August 2020
176
Poster berisi anjuran Bupati Bintan, Apri Sujadi agar warga melakukan transaksi pembelian dibawa pulang di sebuah rumah makan di Tanjunguban, Bintan. Bupati Bintan Apri Sujadi, Kamis (13/08), mengatakan, program kegiatan pemerintah pada anggaran tahun 2021 juga fokus untuk memulihkan kondisi perekonomian. Foto Oleh : Asiik3

BINTAN- Pemerintah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau mulai fokus memulihkan perekonomian akibat pandemi COVID-19 untuk meningkatkan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Bintan Apri Sujadi, di Bintan, Kamis (13/08), mengatakan, program kegiatan pemerintah pada anggaran tahun 2021 juga fokus untuk memulihkan kondisi perekonomian.

Fokus pemerintah pun akan disesuaikan dengan target yang ingin dicapai. Pelaksanaan strategi pembangunan itu salah satunya dengan mengurangi anggaran pembangunan infrastrukur.

"Kami akan melakukan realokasi dan refocusing anggaran belanja ke beberapa sektor prioritas utama, yakni bidang kesehatan, bidang pendidikan serta pemberian stimulus ekonomi bagi para pelaku usaha kecil," ucapnya.

Bupati Apri menjelaskan secara global pertumbuhan ekonomi Indonesia - 5,32 persen, sementara Provinsi Kepri berada - 6,66 persen di kuartal II tahun 2020 ini.

"Kami senantiasa berupaya meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat, dan mengupayakan peningkatan pendapatan keluarga, salah satunya mendorong dunia usaha membuka lapangan pekerjaan," ujarnya.

Ia mengatakan sektor pariwisata yang merupakan sektor andalan di Bintan menurun tahun ini akibat pandemi COVID-19. Kondisi ini berimbas pada pendapat asli daerah (PAD). 

"Maka tahun 2021, kita harus bijak dalam penggunaan anggaran daerah yang tentunya harus memprioritaskan pemulihan ekonomi masyarakat kecil dibandingkan pembangunan infrastruktur," katanya.

Program kegiatan tahun 2021 secara terperinci masih disusun, dan akan dibahas bersama DPRD Bintan terkait total anggaran yang dibutuhkan dalam pemulihan ekonomi 2021. 

Saat ini, lanjutnya seluruh program kegiatan masih disusun. Penyusunan program harus realistis, memenuhi target yang ingin dicapai pemda. Berbagai bentuk program yang ditetapkan akan diluncurkan bagi pemulihan ekonomi 2021. 

"Saya sudah minta sejumlah dinas mempersiapkan diri dari awal, misalnya Dinas Tenaga Kerja itu nanti bikin apa, kemudian Dinas Koperasi itu punya program apa, lalu Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas PMD atau Dinas Kominfo itu bikin program apa di tahun 2021 nanti. Prinsipnya kita harus kejar recovery ekonomi tahun 2021," tutupnya

Dipublish Oleh - diskominfo