TUTUP

Selamat Datang di Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau || Tanggal : 20-Jun-2019 | Pukul : 22:04:13 , Selamat Malam

×

Logo Jembatan Dompak Kepri Secara Keseluruhan Menjadi Simbol Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau Yang Selalu Ingin Terhubung Dengan Masyarakatnya, Selalu Terbuka dan Selalu Mempersembahkan Yang Terbaik Bagi Siapapun Yang Menemuinya. "757 Disingkat Jadi Ju Ma Ju yang Didefinisikan dengan maju-maju. Kepri Maju".

Cetak

Kepriprov.go.id

Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau
TUTUP

Dinas PMD Dukcapil Gagas Pembentukan Forum Inventor dan Inovator

Penulis Asiik2 - 14 July 2018
277
Foto Oleh : Asiik3

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pencatatan Sipil (PMD Dukcapil) Kepri, Sardison berencana membentuk forum inventor dan inovator teknologi tepat guna (TTG).

"Ini merupakan tahun kedelapan pelaksanaan TTG di Kepri. Jadi sudah selayaknya dibuat sebuah forum sebagai wadah untuk bertukar pikiran dan gagasan," ujar Sardison belum lama ini.

Dia menjelaskan, forum tersebut nantinya berisikan para inventor dan inovator yang pernah meraih pemenang, maupun yang aktif dalam melakukan inovasi teknologi tepat guna.

Untuk diketahui, inventor adalah seorang yang secara sendiri atau beberapa orang yang secara bersama-sama melaksanakan ide yang dituangkan ke dalam kegiatan yang menghasilkan Invensi, sedangkan inovator adalah orang yg memperkenalkan gagasan, metode, dan sebagainya yang baru.

Selain menggagas terbentuknya forum inventor dan inovator, Dinas PMD Dukcapil Kepri disebut Sardison juga akan memfasilitasi kepengurusan hak paten dari hasil karya inovasi TTG.

"Sudah dianggarkan. Hanya saja, untuk tahun ini baru dianggarkan untuk dua karya. Ini penting supaya hak kekayaan intelektual yang ada terlindungi," sebutnya.

Terkait ini, Sardison menyebut jika pihaknya telah berkoordinasi dengan LIPI, Poltek Batam dan BPPT.

"Pihak-pihak ini yang menyortir apakah karya TTG yang diajukan perlu atau tidak untuk dibuat hak patennya," ungkap Sardison.

Yang jelas, lanjutnya, karya TTG yang diajukan untuk dipatenkan itu telah termanfaatkan di tengah masyarakat.

Dipublish Oleh - Diskominfo Kepri