TUTUP

Selamat Datang di Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau || Tanggal : 20-Apr-2021 | Pukul : 05:53:10 , Selamat Malam

×

Logo Jembatan Dompak Kepri Secara Keseluruhan Menjadi Simbol Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau Yang Selalu Ingin Terhubung Dengan Masyarakatnya, Selalu Terbuka dan Selalu Mempersembahkan Yang Terbaik Bagi Siapapun Yang Menemuinya. "757 Disingkat Jadi Ju Ma Ju yang Didefinisikan dengan maju-maju. Kepri Maju".

Cetak

Kepriprov.go.id

Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau
TUTUP

Abdul Malik Terima Anugerah Buku Negara dari Malaysia

Penulis asiik1 - 07 April 2021
891
Foto Oleh : Asiik3

Tanjungpinang- Budayawan asal Provinsi Kepulauan Riau Abdul Malik akan menerima Anugerah Buku Negara tahun 2020/2021 Yayasan Pembangunan Buku Negara (National Book Development Foundation) Malaysia.

"Penyerahan anugerah itu dilaksanakan pada Kamis (8/4)," Malik, yang juga mantan Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), di Tanjungpinang, Selasa (06/03).

Datok Malik, demikian sapaan akrabnya,  selama ini dikenal fokus melestarikan dan mengembangkan budaya melayu melalui seni pentas dan buku. Ia juga ikut memperjuangan sejumlah tokoh melayu menjadi pahlawan nasional.

Ia telah menulis sebanyak 41 buku sehingga ditetapkan sebagai penerima anugerah untuk kategori Penerbit Melayu Serumpun UNESCO – KLWBC 2020 dari Yayasan Pembangunan Buku Negara, bekerja sama dengan Universitas Putra Malaysia. Hampir seluruh buku karyanya bernuansa melayu.

"Saya menulis, sebagai bentuk rasa cinta saya dengan budaya melayu," ucapnya.

Pihak pemberi anugerah juga melihat konsistensi calon penerima anugerah dalam berkarya, termasuk jumlah buku yg dihasilkan, dan mutu serta isi buku.

Buku karya Abdul Malik antara lain berjudul, Memelihara Warisan yang Agung (2009), Menjemput Tuah Menjunjung Marwah (2012, 2013), Raja Ali Haji:Tsamarat al-Muhimmah (2013), Kehalusan Budi Memartabatkan Jati Diri (2014), Akhlak Mulia: Tinjauan Karya Raja Ali Haji (2015), dan Sultan Mahmud Riayat Syah: Pahlawan Besar Gerilya Laut
 (2017).

"Saya sudah menerima surat undangan bernomor YPBN-TUN (ABN-UNESCO/6) yang ditujukan kepada diri saya. Acara ini berlangsung di Dewan Tun Hussein Onn, Putra World Trade Center (PWTC), Malaysia pada 7-9 April 2021. Anugera ini diserahkan oleh Menteri Pengajian Tinggi malaysia, YB Datuk Seri Dr. Noraini binti Ahmad pada 8 April 2021," ujarnya, yang juga salah seorang pendiri kampus UMRAH.

Dipublish Oleh - diskominfo