TUTUP

Selamat Datang di Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau || Tanggal : 19-May-2019 | Pukul : 17:59:17 , Selamat Sore !!

×

Logo Jembatan Dompak Kepri Secara Keseluruhan Menjadi Simbol Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau Yang Selalu Ingin Terhubung Dengan Masyarakatnya, Selalu Terbuka dan Selalu Mempersembahkan Yang Terbaik Bagi Siapapun Yang Menemuinya. "757 Disingkat Jadi Ju Ma Ju yang Didefinisikan dengan maju-maju. Kepri Maju".

Cetak

Kepriprov.go.id

Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau
TUTUP

Kemenpar: Ironman Bintan Wisata Olahraga Diakui Dunia

Penulis Ade Pratiwi - 19 July 2018
208
Kabiro Komunikasi Publik Kemenpar RI Foto Oleh : Asiik3

Tanjungpinang - Kementerian Pariwisata menaruh perhatian besar terhadap kegiatan pariwisata olahraga, Ironman Bintan.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenpar, Guntur Sakti, yang dihubungi dari Tanjungpinang, Rabu (18/7), mengatakan, Ironman yang diselenggarakan setiap tahun melahirkan imeks positif di dunia pariwisata dunia.

"Ironman sebagai wisata olahraga yang diakui dunia, menarik, menyenangkan dan unik," katanya.

Ironman ditetapkan Kementerian Pariwisata sebagai salah satu kegiatan pariwisata terbaik di Indonesia, karena melibatkan partisipan yang terdiri dari ribuan peserta dan penonton.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberi perhatian penuh terhadap Ironman yang diselenggarakan setiap tahun di Bintan. Kemenpar memiliki komitmen untuk mendukung Ironman setiap tahun. Dukungan yang diberikan tidak berupa anggaran karena terbentur dengan peraturan.

Kemenpar secara intensif membantu mempromosikan Ironman Bintan agar jumlah peserta dan penonton dari berbagai negara terus meningkat. Tahun 2017, jumlah peserta Ironman mencapai 1.200 orang, dan disaksikan oleh ribuan wisatawan mancanegara.

"Kemenpar menilai Ironman hampir masuk dalam kategori megakegiatan pariwisata di Indonesia, yang menarik. Kegiatan wisata olahraga ini sangat menarik perhatian dunia," katanya, yang juga mantan Kadis Pariwisata Kepri.

Guntur mengatakan keberhasilan pelaksanaan Ironman mendongkrak nama Bintan di tingkat nasional maupun dunia pariwisata internasional. Keberhasilan kegiatan pariwisata itu juga mendorong Menteri Pariwisata Arief Yahya meresmikan Ironman yang akan diselenggarakan di Bintan pada 19 Agustus 2018. 

Ironman, kata dia sebagai satu dari 100 kegiatan pariwisata yang masuk kalender nasional. Bahkan Ironman masuk 10 besar sebagai kegiatan pariwisata terbaik di Indonesia.

"Ironman dengan menempuh jarak 70,3 KM akan semakin menarik perhatian peserta dan wisman. Ini akan meningkatkan jumlah wisman yang berkunjung ke Indonesia," ujarnya.

Selain Ironman, Guntur mengemukakan Kemenpar juga tertarik dengan Tour de Bintan dan Triathlon yang diselenggarakan Pemerintah Bintan. Karena itu Ironman, Tour de Bintan dan Troathlon merupakan tiga dari dari enam kegiatan pariwisata asal Kepri yang masuk kalender nasional.

"Kegiatan pariwisata Bintan diharapkan senantiasa menjadi mesin pendongkrak kunjungan pariwisata di Bintan dan Indonesia," katanya.

Ironman akan dipusatkan di Lagoi Bay, salah satu objek wisata di Lagoi, yang memiliki hamparan pantai berpasir putih, laguna, fasilitas lengkap, dan hotel kelas satu.

Dipublish Oleh - Diskominfo Kepri