TUTUP

Selamat Datang di Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau || Tanggal : 25-Jun-2019 | Pukul : 22:35:42 , Selamat Malam

×

Logo Jembatan Dompak Kepri Secara Keseluruhan Menjadi Simbol Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau Yang Selalu Ingin Terhubung Dengan Masyarakatnya, Selalu Terbuka dan Selalu Mempersembahkan Yang Terbaik Bagi Siapapun Yang Menemuinya. "757 Disingkat Jadi Ju Ma Ju yang Didefinisikan dengan maju-maju. Kepri Maju".

Cetak

Kepriprov.go.id

Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau
TUTUP

Perencanaan Tepat Wujudkan Keberhasilan Pembangunan

Penulis Humas - 20 July 2018
197
* Galangkan Inovasi Demi Keunggulan Daerah Foto Oleh : Humas

Kepala Barenlitbang Naharuddin mengatakan bahwa Penelitian dan pengembangan (Litbang) berperan penting dalam mendorong kemajuan. Hasil litbang yang akurat dalam bentuk konsep, model maupun pilihan kebijakan yang tepat dapat menjadi rekomendasi yang baik dalam mengatasi berbagai permasalahan yang timbul di suatu daerah.

“Untuk meminimalisir kebijakan yang kurang tepat baik sasaran maupun kemanfaatannya bagi kesejahteraan masyarakat,” ujar Nahar saat membuka Rapat Koordinasi Kelitbangan Daerah Se-Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2018, di Hotel Golden View, Batam, Kamis (19/7).

Nahar melanjutkan bahwa Pemerintah Pusat pun memberi perhatian khusus pada urusan Litbang pada Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Pada pasal 219 secara eksplisit dijelaskan bahwa urusan Litbang menjadi kewenangan Daerah melalui fungsi penunjang Urusan Pemerintahan.

Dengan Tema Rakor Kelitbangan Provinsi Kepri Tahun 2018 yaitu “Melalui Inovasi Kita Tingkatkan Daya Saing Daerah dan Unggul di Bidang Maritim”. Kata Nahar merupakan salah satu bentuk perwujudan penelitian dan pengembangan itu sendiri yakni Inovasi Daerah.

“Inovasi Daerah ditujukan untuk mendukung peningkatan kinerja Pemda dan Pelayanan Publik secara optimal dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” tegas Nahar.

Sasaran Inovasi Daerah sendiri diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan Pelayanan Publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat, dan peningkatan daya saing Daerah.

“Inovasi dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, yaitu inovasi tata kelola Pemerintahan Daerah, inovasi Pelayanan Publik, dan/atau Inovasi Daerah lainnya sesuai dengan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah,” tambah Nahar lagi.

Nahar mengatakan bahwa inovasi tersebut perlu segera dituangkan dalam mengejar tercapainya Visi dan Misi yang tertuang dalam RPJMD Provinsi Kepulauan Riau tahun 2016-2021.

“Melalui semua OPD diharapkan mampu menuangkan inovasi secara bai serta mampu memetakan kekuatan, potensi, ancaman dan permasalahan secara komprehensif serta mendalam guna mewujudkan kesejahteraan rakyat,” tutup Nahar.

Dipublish Oleh - Diskominfo Kepri