TUTUP

Selamat Datang di Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau || Tanggal : 16-Jun-2019 | Pukul : 05:34:17 , Selamat Malam

×

Logo Jembatan Dompak Kepri Secara Keseluruhan Menjadi Simbol Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau Yang Selalu Ingin Terhubung Dengan Masyarakatnya, Selalu Terbuka dan Selalu Mempersembahkan Yang Terbaik Bagi Siapapun Yang Menemuinya. "757 Disingkat Jadi Ju Ma Ju yang Didefinisikan dengan maju-maju. Kepri Maju".

Cetak

Kepriprov.go.id

Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau
TUTUP

Tim Seleksi Peserta Siswa Mengenal Nusantara

Penulis asiik1 - 28 July 2018
217
Foto Oleh : Asiik3

TANJUNGPINANG - Pelaksanaan program nasional Siswa Mengenal Nusantara di Provinsi Kepulauan Riau memasuki babak baru. Peserta yang merupakan pelajar Kelas XI dari kabupaten dan kota diseleksi oleh tim dari Kementerian BUMN, Pelindo I Tanjungpinang, dan LKBN Antara di Ruang VIP Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Jumat.

"Kami berharap acara pelepasan Siswa Mengenal Nusantara dilakukan Gubernur Kepri Nurdin Basirun di Gedung Daerah pada 9 Agustus 2018," ujarnya.

Sebanyak 24 peserta diusulkan oleh sekolah untuk mengikuti Siswa Mengenal Nusantara optimisme terpilih, dan diberangkatkan ke Nusa  Tenggara Barat.

Bentuk penyeleksian seperti membuat essay dan wawancara peserta. Saat wawancara, peserta pun mengerahkan kemampuannya.

"Mereka harus mengenal Kepri lebih dalam, dan bercerita tentang potensi apa yang ada di Kepri, selain menampilkan kemampuan atau hobinya di hadapan penguji," kata General Manager PT Pelindo I Tanjungpinang, I Wayan Wirawan.

Ia mengatakan, perekrutan peserta Siswa Mengenal Nusantara dilakukan tim dari Dinas Pendidikan Kepri.

"Peserta dari kabupaten dan kota di Kepri. Jumlah mereka sebanyak 24 orang, tiga diantaranya disabilitas," kata I Wayan yang juga ikut mewawancai peserta.

Dalam wawancara tersebut, tim menggali sejauh mana keinginan peserta mengikuti Siswa Mengenal Nusantara, selain mengetahui kemampuan dan prestasi pendidikan mereka di sekolah.

"Kami juga mendalami bagaimana keluarga mereka. Yang terpenting mereka mendapat ijin dari orang tua," katanya.

Peserta Siswa Mengenal Nusantara juga wajib mengerahkan kemampuannya di hadapan penguji, seperti pidato, mengaji, membuat video pendek, olahraga dan bermain musik.

"Mereka wajib mempraktikkan. Ini nanti bermanfaat saat mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara di Nusa Tenggara Barat," ucapnya.

Program Siswa Mengenal Nusantara merupakan program nasional yang dilaksanakan Kementerian BUMN. Di Kepri, program itu dilaksanakan PT Pelindo I Tanjungpinang, LKBN Antara dan PT Persero Batam.

Program itu, kata Wayan seperti pertukaran pelajar. Siswa SMAN Kelas XI yang ikut dalam kegiatan itu akan mengikuti sejumlah kegiatan dalam Siswa Mengenal Nusantara di NTB.

"Mereka berangkat ke NTB 9 Agustus 2018. Kami juga menerima siswa dari NTB yang akan mengikuti program tersebut di Tanjungpinang," katanya

Dipublish Oleh - Diskominfo Kepri