TUTUP

Selamat Datang di Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau || Tanggal : 27-Jun-2019 | Pukul : 13:21:55 , Selamat Siang !!

×

Logo Jembatan Dompak Kepri Secara Keseluruhan Menjadi Simbol Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau Yang Selalu Ingin Terhubung Dengan Masyarakatnya, Selalu Terbuka dan Selalu Mempersembahkan Yang Terbaik Bagi Siapapun Yang Menemuinya. "757 Disingkat Jadi Ju Ma Ju yang Didefinisikan dengan maju-maju. Kepri Maju".

Cetak

Kepriprov.go.id

Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau
TUTUP

Jangan Sampai Tertinggal, Ayo Bangkitkan Daya Saing Daerah

Penulis Humas - 30 July 2018
235
Gubernur H Nurdin Basirun mengatakan bahwa semua berperan penting dalam membangun daerah. Sebagai negara berkembang saat ini tidak lagi dituntut untuk bersiap tapi juga harus bergerak mengejar ketertinggalan. Foto Oleh : Humas

Gubernur H Nurdin Basirun mengatakan bahwa semua berperan penting dalam membangun daerah. Sebagai negara berkembang saat ini tidak lagi dituntut untuk bersiap tapi juga harus bergerak mengejar ketertinggalan.

“Gagasan-gagasan para mahasiswa inilah yang berguna bagi peningkatan daya saing daerah,” ujar Gubernur saat menjadi narasumber dalam kuliah tamu Prodi Doktor Ilmu Administrasi di Gedung Graha Wiyata Lt.1 Kampus, Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya, Jl. Semolowaru, Surabaya, Jawa Tegah, Sabtu (28/7).

Gubernur sendiri diundang untuk menjadi pembicara dalam kuliah umum bagi para mahasiswa program Doktor Ilmu Administrasi dengan tema “pelaksanaan otonomi daerah untuk meningkatkan daya saing daerah dan nasional”.

Gubernur mencontohkan Kepri, sebagai garda terdepan dan daerah yang berciri Kepulauan itu merupakan ladang untuk memanfaatkan kesempatan yang ada.

“Banyak yang harus kita benahi, pertahankan dan tingkatkan dalam membangkitkan daya saing daerah,” lanjut Gubernur.

Gubernur membeberkan, sebagai daerah Kepulauan infrastruktur sangat dibutuhkan dalam menjalin konektiviti antar pulau yang ada. Dengan terkoneksinya antar pulau itu maka segala proses kegiatan pembangunan berjalan lancar.

Kemudian terkait indeks pembangunan manusia, dikatakan Gubernur merupakan elemen yang sangat penting ditingkatkan, keberadaan sumber daya alam yang melimpah terkesan percuma jika sumber daya manusia tidak sejalan kekuatannya. Yang mana sektor kesehatan yang bertujuan untuk menjaga dan menumbuhkembangkan para generasi muda yang sehat tentu harus sejalan dengan sektor pendidikan yang mana bekal teori amatlah penting dalam menghadapi kehidupan. Tentu sektor keagamaan juga sangat diharuskan untuk terus di bina dan ditingkatkan sebagai pedoman menjalani kehidupan dalam menghadapi era modernisasi.

“Tujuan akhir dari semuanya itu adalah bagaimana daya saing yang telah kita bangkitkan itu dapat menjadi penentu sasaran untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tambah Gubernur lagi.

Gubernur juga menceritakan kisahnya saat sedang belajar meraih gelar Doktor nya yang mana dari kisahnya tersebut Gubernur mengajak kepada seluruh mahasiswa agar dapat terus semangat dalam meninmba ilmu.

“Pengalaman dalam belajar itulah yang menjadi kita lebih percaya diri dan bertanggungjawab atas ilmu yang telah kita dapat,” pesan Gubernur.

Terakhir Gubernur menutup paparannya dengan mengatakan bahwa dari semua teori yang didapat saat kuliah, merupakan bekal penting mendukung kita menghadapi dinamika dilapangan.

Sementara itu Dekan Fisip UNTAG Endo Cahyono MM menyampaikan rasa terimakasih atas kesediaan Gubernur menjadi nara sumber pada kuliah tamu hari ini.

“Ini merupakan salah satu agenda dalam program doktor dalam upaya meningkatkan akreditasi,” ujar Endo.

Endo melanjutkan bahwa tujuan kuliah tamu ini juga agar para mahasiswa mendapatkan masukan dan bahan terkait perkembangan pembangunan dan ikut serta dalam pembangunan tersebut.

“Tema ini penting kita bahas ditengah geliat pembangunan Indonesia maka daerah dituntut untuk berdaya saing,” lanjut Endo.

Hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah H TS Arif Fadillah, Staf Ahli Gubernur Syamsuardi, sejumlah Kepala OPD Kepri,  Pasca Sarjana UNTAG Prof. Dr. Rudy Handoko beserta mahasiswa-mahasiswi program Doktor Ilmu Administrasi.

Dipublish Oleh - Diskominfo Kepri