TUTUP

Selamat Datang di Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau || Tanggal : 15-Jun-2019 | Pukul : 04:28:09 , Selamat Malam

×

Logo Jembatan Dompak Kepri Secara Keseluruhan Menjadi Simbol Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau Yang Selalu Ingin Terhubung Dengan Masyarakatnya, Selalu Terbuka dan Selalu Mempersembahkan Yang Terbaik Bagi Siapapun Yang Menemuinya. "757 Disingkat Jadi Ju Ma Ju yang Didefinisikan dengan maju-maju. Kepri Maju".

Cetak

Kepriprov.go.id

Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau
TUTUP

KEPRI CANANGKAN KAMPANYE IMUNISASI CAMPAK RUBELLA

Penulis Tiwi - 01 August 2018
160
-ilustrasi (courtesy of google) Foto Oleh : Diskominfo Kepri

Program imunisasi Campak Rubella saat ini menjadi prioritas pemerintah Indonesia sebagai wujud upaya pengendalian campak dan rubella, terkait bahaya komplikasinya yang berat dan mematikan. Begitupun Provinsi Kepulauan Riau yang turut andil dalam mencanangkan kampanye imunisasi tersebut.

Kampanye imunisasi  Campak Rubella akan diadakan di semua Kabupaten Kota, mulai dari Batam, Natuna, Karimun, Bintan, Lingga, Tanjungpinang, hingga Anambas. Tujuannya adalah memutuskan penularan virus tersebut. Diharapkan pemerintah, swasta, dan masyarakat turut serta dalam memerangi penyakit Campak dan Rubella.

Lebih lanjut, perihal adanya informasi yang menyatakan bahan imunisasi haram, berikut penjelasan dari Dinas Kesehatan Kepri.

1.            Hingga saat ini masih mengacu kepada fatwa MUI No.4 Tahun 2016 dan surat rekomendasi MUI No.U-13/MUI/KF/VII/2017

2.            Pelaksanaan kampanya Campak Rubella adalah program pemerintah yang bertujuan mencegah dan menurunkan angka kecacatan dan kematian akibat penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3i). Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Kepri mendukung sepenuhnya dengan mengeluarkan Surat Edaran No.120/129.a/SET, Tahun 2017.

3.            Berkenaan dengan berita black campaign/hoax yang beredar di media sosial untuk tidak disebarkan.

4.            Informasi resmi terkait pelaksanaan kampanye Campak Rubella dapat dilihat melalui web resmi : www.dinkesprovkepri.org, www.bidp2p.dinkesprovkepri.org, FB: Surveilans Imunisasi Dinkes Kepri, IG: Surveilansimunisasidinkeskepri, dan dapat menghubungi penanggungjawab masing-masing Kabupaten/Kota.

5.            Produsen vaksin Campak Rubella hanya tersedia di dua negara, yaitu India dan Cina. India sendiri telah memenuhi syarat Prequality WHO, dimana kualitasnya sudah terintegrasi dan teruji di BPOM.

6.            Masyarakat diharapkan  lebih peduli terhadap tumbuh kembang anak.

7.            Tidak adanya sertifikat halal bukan berarti vaksin tersebut haram.

Dipublish Oleh - Diskominfo Kepri