TUTUP

Selamat Datang di Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau || Tanggal : 22-Aug-2019 | Pukul : 12:26:10 , Selamat Siang !!

×

Logo Jembatan Dompak Kepri Secara Keseluruhan Menjadi Simbol Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau Yang Selalu Ingin Terhubung Dengan Masyarakatnya, Selalu Terbuka dan Selalu Mempersembahkan Yang Terbaik Bagi Siapapun Yang Menemuinya. "757 Disingkat Jadi Ju Ma Ju yang Didefinisikan dengan maju-maju. Kepri Maju".

Cetak

Kepriprov.go.id

Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau
TUTUP

Kesbangpol Kepri Sosialisasi Empat Pilar di Dabo Singkep, Anggota Dewan Beri Apresiasi

Penulis Tiwi - 08 August 2018
217
Setelah sukses mengelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Kota Batam dan Kabupaten Karimun, kini Kesbangpol Provinsi  Kepulauan Riau melanjutkan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Kabupaten Lingga, tepatnya di  Hotel One Dabo Singkep pada Selasa (7/8). Foto Oleh : Diskominfo Kepri

DABO SINGKEP - Setelah sukses mengelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Kota Batam dan Kabupaten Karimun, kini Kesbangpol Provinsi  Kepulauan Riau melanjutkan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Kabupaten Lingga, tepatnya di  Hotel One Dabo Singkep pada Selasa (7/8).

Kegiatan diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan pembacaan doa oleh Yazahar .

Dalam sambutannya Sekretaris  Komisi 1 Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Provinsi Kepri, Sukri Fahrial, SH sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dibuat Badan Kesbangpol Kepri ini, pihaknya sangat mendukung dengan sangat kegiatan 4 pilar kebangsaan ini apabila melihat semakin lunturnya rasa cinta tanah air NKRI serta berbangsa dan bernegara. Kita sebagai anak bangsa jangan sampai melupakan nilai – nilai sejarah Indonesia tersebut.

Sementara itu  sambutan Bupati Lingga  diwakili oleh Assten 2 Drs. Yusrizal yang didaulat juga untuk membuka acara  mengucapkan terimkasih atas kegiatan yang diadakan di Kabupaten Lingga dan berharap agar peserta serius untuk mengikutinya.

Dikatakannya, dengan sosialisasi ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat cinta tanah air dan membela NKRI.

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris  Komisi 1 DPRD Provinsi Kepri, Sukri Fahrial yang juga calon DPD RI, FKPD Kabupaten Lingga, Tokoh Masyarakat, Utusan OPD, Kabid Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Kepri, Drs. Syamsir, Kasubag Keuangan Isnur Fauzi, SE. Kasubag Umum dan Kepegawaian yang juga PPTK Syafaruddin, S.Sos, Perencana Ahli Apriansyah ,SH serta jajaran Kesbangpol Lingga. Dengan narasumber anggota DPRD KEPRI Sukri Fahrial, SH,  Dekan Fisip UMRAH BISMAR Arianto, Msi.

Narasumber  dari Dprd Provinsi Kepri, Sukri Fahrial  SH dalam paparannya menyebutkan Empat Pilar Kebangsaan merupakan suatu tiang dalam mengantisipasi kemajemukan bangsa Indonesia ini. Hal ini merupakan elemen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara , yaitu Pancasila, UUD 1945.  NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Satu persatu dikupas tuntas oleh politisi senior ini mulai dari Pancasila sebagai Ideologi Negara, UUD 1945 sebagai dasar negara, NKRI bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika.

Semoga dengan berpegang teguh pada konsep dan prinsip yang terkandung dalam Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia makin kokoh dan makin berkibar.

Dalam pada itu Sukri Fahrial membagikan doorprize berupa uang saku kepada 3 peserta yang bisa menjawab pertanyaan anggota dewan tersebut .

Ada 3 pelajar yang berhasil menjawab pertanyaan dari Sukri Fahrial dan mendapatkan door prize, ketiga pertanyaan tersebut cukup rumit.

  1. Berapa kota dan kabupaten di Provisi Kepri
  2. Apa bunyi pasal 27 uud 1945 pasal ayat 3
  3. Pembacaan pembukaan uud 1945.

Narasumber lainya  Dekan Fisip UMRAH BISMAR ARIANTO, Msi menyampaikan materi nya mengenai kembali ke jati diri bangsa, jati diri diartikan sebagai segala sifat, watak, faham, rasa, kesadaran dan kekuatan pikiran yg merupakan hasil dr proses belajar yang lama dari nilai-nilai sosial budaya yang kemudian muncul dalam aktualisasi diri dan pola perilaku.

Dalam dunia empiris jati diri menjadi sumber untuk menentukan nilai realitas, kebenaran, kebaikan, dan nilai kehidupan manusia, bangsa dan negara.

Sebelumnya Ketua Panitia Herman Prasetya, SE,AK, MM dalam sambutannya mengatakan maksud penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan wawasan kebangsaan pemuda, Mahasiswa dan Masyarakat tentang arti pentingnya Empat Pilar Kebangsaanbagi kehidupan berbangsa, bertanah air dan bernegara dibawah naungan NKRI.

Dengan tujuan  pertama, meningkatkan dan pemahaman masyarakat erhadap pancasila, UUD 1945, NKRI dan nilai Bhineka Tunggal Ika yg berkembang di masyarakat.

Kedua, menjamin komunikasi yg efektif dgn masyarakat  dalam menjaga nilai-nilai yang terkandung dalam 4 pilar kebangsaan untuk membawa masyarakat kepri yang berwawasan kebangsaan.

Peserta sosialisasi Empat Pilar berjumlah 75 peserta terdiri dari kalangan pelajar, pramuka, mahasiswa, dan ormas, ungkap Herman Prasetya yang juga Sekretaris Badan Kesbangpol Kepri.

Panitia lainya, Safaruddin,S.Sos mengaku lega acara dapat terlaksana dengan lancar, semua ini berkat dukungan semua pihak yang terlibat tidak hanya dari Kesbangpol kepri, juga pihak Kesbangpol Lingga, semoga kerja sama ini dapat berjalan dengan baik untuk kegiatan di masa yang akan datang. Dalam pada itu ucapan yang sama dan terima kasih juga disampaikan ke Kesbangpol Batam dan Kesbangpol Karimun tempat acara berlangsung sebelumnya .

Sumber : Kesbangpol Kepri

Dipublish Oleh - Diskominfo Kepri