TUTUP

Selamat Datang di Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau || Tanggal : 20-Jun-2019 | Pukul : 22:51:55 , Selamat Malam

×

Logo Jembatan Dompak Kepri Secara Keseluruhan Menjadi Simbol Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau Yang Selalu Ingin Terhubung Dengan Masyarakatnya, Selalu Terbuka dan Selalu Mempersembahkan Yang Terbaik Bagi Siapapun Yang Menemuinya. "757 Disingkat Jadi Ju Ma Ju yang Didefinisikan dengan maju-maju. Kepri Maju".

Cetak

Kepriprov.go.id

Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau
TUTUP

Anambas Gelar Anambas Moon Cake Festival

Penulis SN - 10 September 2018
164
Ilustrasi Foto Oleh : Diskominfo Kepri

ANAMBAS - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas gencar mempromosikan wisata melalui berbagai kegiatan festival yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Budaya pemkab Anambas. Masykur selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Anambas, Selasa (4/9), mengatakan kegiatan Anambas Moon Cake Festival (AMCF) akan digelar pada 22 September 2018 di Kelurahan Tarempa Kecamatan Siantan Anambas tepatnya di Lapangan Sulaiman Abdulah.

Melalui stafnya Yoel, kegiatan ini akan digelar terus setiap tahun dengan waktu yang akan disesuaikan. Dalam kalender penanggalan budaya Tionghoa, setiap tanggal 15 bulan delapan kalender Imlek (pertengahan musim gugur-Tiong Chiu) selalu dirayakan sebagai perayaan sembahyang Kue Bulan (Moon Cake) dimana pada saat itulah bulan paling bulat dan paling terang sepanjang tahun. Ditambahkan Yoel, kegiatan ini digelar secara serentak oleh etnis Tionghoa di seluruh dunia, termasuk diantaranya Malaysia, Singapura, dan Vietnam. Maka tidak ada salahnya jika diselenggarakan pula di Anambas melalui kerja sama Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Anambas bersama Disparbud.

Ia melanjutkan, festival ini masuk dalam pagelaran budaya bulanan kalender event Disparbud tahun 2018. Festival ini sebagai penutup setelah sebelumnya dilakukan festival budaya Melayu, Minangkabau dan Nusantara. Selain itu, ada juga akulturasi budaya lokal seperti tarian kipas dari Sanggar Tompak Tige, kolaborasi permainan biola dan akordion dengan guzheng/kecapi.

Dipublish Oleh - Diskominfo Kepri