TUTUP

Selamat Datang di Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau || Tanggal : 27-Jun-2019 | Pukul : 13:14:24 , Selamat Siang !!

×

Logo Jembatan Dompak Kepri Secara Keseluruhan Menjadi Simbol Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau Yang Selalu Ingin Terhubung Dengan Masyarakatnya, Selalu Terbuka dan Selalu Mempersembahkan Yang Terbaik Bagi Siapapun Yang Menemuinya. "757 Disingkat Jadi Ju Ma Ju yang Didefinisikan dengan maju-maju. Kepri Maju".

Cetak

Kepriprov.go.id

Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau
TUTUP

Masjid Jabal Arafah Batam, Beribadah Sambil Refreshing di Atas Ketinggian

Penulis SN - 13 September 2018
186
Ilustrasi Foto Oleh : Diskominfo Kepri

BATAM - Masjid Jabal Arafah Batam, adalah satu Masjid unik yang terletak di Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau. Dengan memanfaatkan kontur tanah berbukit, Masjid Jabal Arafah telah dirancang, dibangun, dan dikembangkan dengan tujuan multi-fungsi. Selain fungsi utamanya sebagai sebuah tempat ibadah bagi umat Islam, masjid inipun menjadi satu destinasi wisata religi keluarga di Batam maupun wisatawan domestik hingga wisatawan asing dari negara tetangga seperti Malaysia. 

Dibangun pada Juni 2011, konsep masjid ini mengedepankan lingkungan asri, yang ditengahnya dibangun menara (Tower) setinggi 36 meter, sehingga keindahan Kota Batam bisa terlihat. Bangunan di dalam masjid didesain dengan interior yang elegan dan modern. Fasilitas taman, perpustakaan, kantin, tempat penjualan suvenir serta aneka kebutuhan pengunjung semakin melengkapi masjid ini.

Pada Senin (10/9), Arfan petugas masjid Jabal Arafah mengatakan, diantara masjid yang ada di Batam, Jabal Arafah mempunyai konsep yang bukan hanya sebagai tempat ibadah saja, tetapi juga menyediakan berbagai fasilitas seperti perpustakaan umum. Jadi biasanya pelajar serta mahasiswa datang belajar dan membaca di perpustakaan ini. Saat waktu sholat masuk, kita juga himbau untuk dihentikan sementara agar bersama menunaikan ibadah sholat. Perpustakaan ini dibuka dari pukul 08.00 WIB sampai 21.00 WIB. Selain tempat membaca, perpustakaan ini juga dilengkapi dengan lima unit komputer dan fasilitas Wifi gratis.

Selain perpustakaan, Jabal Arafah juga memfasilitasi Dakwah, Majelis Ta'lim, lembaga Amil Zakat, pernikahan, konseling, muallaf.Tersedia pula pondok bahasa Arab yang diperuntukkan bagi anak-anak muda yang ingin belajar bahasa Arab.

Pengunjung yang ingin melihat indahnya suasana Kota Batam dari menara tower bisa datang pada pukul 08.00 hingga 20.00 WIB, dengan membayar Rp.5.000 untuk orang dewasa dan Rp.3.000 untuk anak anak.

Dipublish Oleh - Diskominfo Kepri