TUTUP

Selamat Datang di Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau || Tanggal : 22-Aug-2019 | Pukul : 12:20:15 , Selamat Siang !!

×

Logo Jembatan Dompak Kepri Secara Keseluruhan Menjadi Simbol Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau Yang Selalu Ingin Terhubung Dengan Masyarakatnya, Selalu Terbuka dan Selalu Mempersembahkan Yang Terbaik Bagi Siapapun Yang Menemuinya. "757 Disingkat Jadi Ju Ma Ju yang Didefinisikan dengan maju-maju. Kepri Maju".

Cetak

Kepriprov.go.id

Portal Resmi Provinsi Kepulauan Riau
TUTUP

BKSDA Kembangkan Wisata Edukasi di Hutan Lindung Batam

Penulis SN - 17 September 2018
120
Ilustrasi Foto Oleh : Diskominfo Kepri

BATAM - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah II Batam berencana akan memanfaatkan hutan lindung di belakang Dam Mukakuning Batam sebagai tempat wisata. Hutan tersebut akan dikembangkan sebagai bumi perkemahan dan nantinya akan fokus sebagai lokasi wisata pendidikan (edukasi). Ini disampaikan oleh kepala seksi Konservasi BKSDA wilayah II Batam Decky Hendra saat membuka kegiatan penanaman semiliar pohon di lokasi kawasan hutan konservasi tersebut, Minggu (16/9). “Luas lahan ini sekitar 20 hektar. Ada telaga di dalamnya dan ini bagus dijadikan tempat wisata edukasi. Kami sudah mulai membangunnya dan rencannya lokasi ini dijadikan semacam bumi perkemahan yang dilengkapi fasilitas wisata edukasi seperti outbond dan lain sebagainya,” ujarnya.
 
Pemanfaatan hutan lindung sebagai tempat wisata pendidikan ini kata Decky, sebagai bentuk menghijaukan kembali lokasi hutan yang sudah dalam kondisi tandus dan kritis. Jika wacana tersebut berjalan lancar tentu sambung Decky , tentu pemasukan negara juga akan bertambah. “Banyak manfaatnya. Anak-anak sekolah atau kegiatan pramuka dan lain sebagainya bisa menggunakan fasilitas ini sebagai wisata edukasi ataupun pelatihan,” tuturnya.

Untuk mewujudkan wacana tersebut BKSDA juga membuka peluang kerja sama ataupun dukungan dari semua pihak termasuk instansi atau lembaga peduli lingkungan lainnya. “Kami sangat terbuka karena misinya untuk melestarikan lingkungan. April kemarin sudah uji coba kegiatan kemah pramuka dan alhamdulilah kegiatan berjalan lancar dan sukses. Siswa sangat senang karena bisa beradaptasi dengan alam di sini,” ujar Decky.

Dipublish Oleh - Diskominfo Kepri