Logo
Loading...

Gubernur Ansar Hadiri Sidang Terbuka Senat Universitas Maritim Raja Ali Haji Yang Ke-22

Terbit : Sabtu, 16 Maret 2024
Pukul : 13:28 WIB
Dilihat : 682 Kali
Bagikan Berita Ini
Gubernur Ansar Hadiri Sidang Terbuka Senat Universitas Maritim Raja Ali Haji Yang Ke-22
Gubernur Ansar menghadiri Sidang Terbuka Senat dalam rangka Wisuda ke-22 Sarjana dan Pascasarjana Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) di Lapangan UMRAH Dompak, Tanjungpinang.

*Komitmen Bangun Generasi Berkualitas di Provinsi Kepulauan Riau 

DISKOMINFO KEPRI - Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menggelar Sidang Terbuka Senat dalam rangka Wisuda ke-22 Sarjana dan Pascasarjana Periode Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024. Bertempat di Lapangan UMRAH Dompak, Tanjungpinang, Sabtu (16/3).

Wisuda UMRAH kali ini berhasil meluluskan sebanyak 501 wisudawan/ti dengan rincian Sarjana (S1) sebanyak 402 wisudawan/ti dan Pascasarjana sebanyak 9 Wisudawan/ti. Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad hadir langsung dalam kegiatan ini.

Turut hadir juga, Ketua Senat UMRAH, para Wakil Rektor UMRAH, Dewan Pertimbangan UMRAH Huzrin Hood dan Ir. Lamidi, Tim Percepatan Pembangunan Kepri Suyono, Forkopimda Kepri, para pimpinan Instansi Vertikal Kepri dan para Orang Tua Mahasiswa/i.

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar menegaskan pentingnya pendidikan sebagai landasan kemajuan suatu bangsa. Ia menekankan bahwa generasi muda yang berkualitas lahir dari pendidikan yang berkualitas.

"Mengutip kata-kata Nelson Mandela, "Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat kamu gunakan untuk mengubah dunia," kami menyampaikan komitmennya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan," kata Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar juga mengatakan Provinsi Kepri, sebagai salah satu Provinsi yang aktif dalam mengembangkan kualitas pendidikan, menunjukkan bukti keseriusannya dengan berbagai program dan kerjasama, termasuk dengan Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Salah satu upaya nyata Pemerintah Provinsi Kepri adalah melalui alokasi anggaran yang signifikan untuk pendidikan, termasuk bantuan beasiswa kepada mahasiswa/i berprestasi dan tidak mampu. Selain itu, kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan di dalam dan luar negeri menjadi bagian dari strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Kepri.

"Dari berbagai program tersebut Provinsi Kepri berhasil merah prestasi dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), yang selalu berada pada kategori "tinggi". Hal ini menunjukkan komitmen yang kuat dalam memajukan sumber daya manusia di wilayah Kepri," ungkapnya.

Gubernur Ansar juga mengajak 501 lulusan dari berbagai jenjang pendidikan dan keilmuan yang berhasil wisuda hari ini, untuk mengambil peran pengabdian terbaiknya bagi kemajuan negeri.

"Dengan gelar yang telah disandang saat ini, selayaknya saudara dapat berkontribusi aktif dalam mengembangkan ilmunya, tidak saja bagi kemajuan daerah, tapi juga nasional, bahkan internasional," harapnya.

Terakhir, Gubernur Ansar memberikan ucapan selamat kepada para wisudawan/ti Sarjana dan Pascasarjana Universitas Maritim Raja Ali Haji, serta mengucapkan terima kasih kepada seluruh dosen dan staf akademis yang turut serta dalam menyukseskan pendidikan di universitas tersebut.

"Diharapkan para wisudawan/wisudawati dapat menjadi agen perubahan yang positif dalam dunia kerja, serta mampu mengembangkan jiwa kewirausahaan untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan memberikan kontribusi yang berkelanjutan bagi perkembangan pendidikan di Provinsi Kepulauan Riau," tutupnya.

Sementara itu, Rektor Umrah Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, DEA dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada seluruh wisudawan/ti. Ia mengingatkan agar para wisudawan/ti bisa menjaga nama baik almamater, menjalin silaturahmi, serta ikut berperan dalam program kampus.

“Kami menitipkan amanat kepada wisudawan sekalian, agar dapat menjaga nama baik almamater, tetap menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan almamater tercinta ini, serta dapat ikut berperan serta dalam lembaga pengembangan program-program untuk kemajuan kampus pinang masak yang sama-sama kita cintai ini,” ujar Rektor.

Agung juga menyampaikan bahwa keberhasilan yang diraih hari ini bukan merupakan akhir dari perjuangan, namun awal untuk menapak ke jenjang yang lebih tinggi. 

“Kami berharap, ke depan saudara mengamalkan ilmu dalam profesi saudara dengan baik dan penuh tanggung jawab. Semoga proses pembelajaran yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan di Universitas Maritim Raja Ali Haji dapat memperkuat nilai-nilai luhur kebenaran, sehingga mendapat keberkahan dan kebahagiaan”, ungkapnya. (ky)